contoh rpp narrative kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN AJARAN 2013-2014


Nama Sekolah                         : SMA ..................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X / I
Materi Pokok                          : Narrative / Legenda
Alokasi Waktu                        :  1 X pertemuan (2 JP 45 menit)
Keterampilan                           : Reading (Membaca)  

A.    Kompetensi Inti              :
  KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  KI 2  :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli        (gotong royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  KI 3  :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untu memecahkan masalah.
  KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar 

2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya
·    Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.
·    Mengidentifikasi cerita narasi/ legenda berbahasa Inggris.
·    Mengidentifikasi unsur bahasa dalam cerita.
·    Mengidentifikasi struktur teks cerita narasi.
·    Mengidentifikasi kata-kata dalam cerita narasi yang ditayangkan.
·    Mengidentifikasi pesan keteladanan dalam kisah/ cerita yang ditonton berjudul “Goldilocks and the three bears”.
·    Menyusun paragraph acak dari teks naratif ke dalam teks narrative yang baik dan benar.
4.13.
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Mencari video cerita narrative dari berbagai sumber dan menyalin unsur struktur dari teks naratif dan pesan moral dalam bentuk tulisan.

C.    Tujuan  Pembelajaran
     Setelah melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik tentang narasi, siswa diharapkan dapat:
1.         Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam cerita narasi “Goldilocks and the three bears”
2.         Menemukan gagasan utama, informasi rinci, dan informasi tertentu,
3.         Memberi  pesan dalam cerita narasi yang ditonton berjudul “Goldilocks and the three bears”.
4.         Menyusun paragraph acak dari teks naratif ke dalam teks narrative yang baik dan benar.
5.         Membuat cerita narasi berdasarkan gambar berseri yang diberikan.
6.         Mencari video cerita naratif dari berbagai sumber.
7.         Menuliskan segala unsur stuktur narasi dan pesan moral di dalam cerita-cerita narasi yang dibuat video dengan tulis tangan.

D.    Materi Pembelajaran
1.         Cerita “Goldilocks and the three bears”.
2.         Struktur teks.
3.         Teks narrative.
4.         Gambar berseri.
5.         Nilai moral dalam cerita.

E.     Metode Pembelajaran : Pengamatan, tanya jawab, penugasan, diskusi, discovery learning.
F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran :
1.    Media  : tayangan power point tentang narasi/legenda,
2.    Alat     : Lembar pertanyaan, LCD Projector, Screen, gambar berseri.
3.    Sumber Pembelajaran:
            www.youtube.com (“Goldilocks and the three bears”).





G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-2 (2JP)
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru memberi salam
·         Siswa bersama guru berdoa
·         Guru mengecek kehadiran siswa
·         Guru memberikan sedikit pengantar tentang materi pertemuan pertama dan memperlihatkan gambar-gambar tentang naratif.
·         Siswa menebak jenis teks apakah yang sedang ditayangkan
10 menit.
2
Kegiatan Inti
Mengamati
·  Siswa mendengarkan instruksi guru
·  Sambil melihat tayangan video, siswa mengidentifikasi struktur teks dalam cerita
·  Siswa mengidentifikasi unsur bahasa/ struktur bahasa dalam video narasi

Mempertanyakan
·      Siswa  mendengarkan instruksi guru
·      Siswa menjawab pertanyaaan guru tentang orientation dalam cerita
·      Siswa menjawab pertayaan guru tentang pesan moral yang ada dalam cerita.
·      Guru membahas cerita narasi (orientation dan unsur kebahasaannya)
                                                           
Mengeksplorasi
·      Siswa secara berkelompok mengurutkan paragraf acak kedalam teks narrative yang baik dan benar.
·      Siswa  secara berkelompok  membuat  cerita naratif dari gambar berseries yang didapat.
·      Siswa secara berkelompok menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan dan pesan moral yang ada dalm cerita.
·      Setiap kelompok menunjuk salah satu perwakilan untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (menceritakan isi teks naratif, struktur teks, dan makna yang terkandung).
·      Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan atas apa yang dikerjakan oleh temannya.

Mengasosiasi
·      Siswa secara individu mencari cerita narrative  yang diketahuinya (favoritnya) dari berbagai sumber serta memberi pesan pada masing masing cerita
·      Siswa menyalin  pesan moral dan unsur struturnya ke dalam bentuk tulisan.
Mengkomunikasikan
·      Siswa  bekerja kelompok terdiri dari 4 atau 5 siswa menyamapaikan cerita narasi bertema keteladanan, sosial atau pengembangan diri, sekaligus pesan di dalam cerita tersebut dalam kelompoknya
·      Masing –masing kelompok melaporkan pada kelompok lain tentang cerita narasi dan pesan yang telah dibuat oleh kelompoknya
·      Antar kelompok melakukan penilaian terhadap kumpulan cerita yang sudah dianalisis tentang pesan di dalam cerita yang dibuat.
70 menit
3
Penutup
·      Siswa dan guru menkonfirmasi ungkapan-ungkapan khusus yang sering muncul dalam cerita
·      Siswa secara berkelompok atas instruksi guru bekerja di rumah untuk mencari video narasi dari berbagai sumber kemudian menyalin unsur struktir narasi dan pesan moral dengan tulisan tangan.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan datang
10

H.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap
a.  Teknik penilaian                             :  penilaian diri
b.  Bentuk Instrumen Penilaian diri    : lembar penilaian diri

No
                Sikap

Nama
Keterbukaan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kejujuran
Kerjasama
Tanggung jawab
1







2







3







4







5







6








Keterangan :
A  = Selalu konsisten
B =  Konsisten                            
C =  mulai konsisten   
D =  kurang konsisten
E = sangat kurang      
           
           
2.   Pengetahuan
a)      Jenis/teknik penilaian                   : tes tertulis, Porto Polio
b)      Bentuk instrument                       :  uraian
Pedoman Penyekoran:
1.       
No
Jawaban
Score
1
Menyebutkan 1 karakter dalam cerita
1
2
Menyebutkan 2 karakter dalam cerita
2
3
Menyebutkan 3 karakter dalam cerita
3
4
Menyebutkan 4 atau lebih karakter dalam cerita
4
2.       
No
Jawaban
Score
1
Menulis cerita tetapi spelling ada yang salah dan tanpa pesan
1
2
Menulis cerita dan pesan tidak benar dan spelling salah
2
3
Menulis cerita benar tetapi pesan salah 
3
4
Menulis cerita dan pesan benar dengan spelling benar
4
3.       
No
Jawaban
Score
1
Menulis cerita tetapi spelling ada yang salah dan tanpa pesan
1
2
Menulis cerita dan pesan tidak benar dan spelling salah
2
3
Menulis cerita benar tetapi pesan salah 
3
4
Menulis cerita dan pesan benar dengan spelling benar
4

4.      Pedoman Penyekoran Portofolio
Matapelajaran              :
Durasi Waktu              :
Nama peserta didik     :
Kelas/smt                    :
NO
KD
KRITERIA
Ket
Penulisan
(1 – 10)
Content
(0 – 10)
Message
(0 – 10)
Kreatifitas
(0 – 10)
1
Menginterpretasikan cerita legenda sederhana



























Nilai
Score max 1                     : 4
Score max 2                     : 4
Score max 3                     : 4
Score max 4                     : 4
Score max 5 (40: 10)       : 4
Total nilai              =  
                                 20
Nilai Maksimal =  20 X 5 = 100



Komentar

Postingan Populer